Siapa Budi Arie Setiadi?

cropped-header1.jpg

Budi Arie Setiadi lahir pada tanggal 20 April 1969. Ia akrab dipanggil Budi Arie atau Muni. Ia adalah penggerak salah satu relawan darat terbesar pendukung Joko Widodo, Projo. Sebagai figur relawan terkemuka, pernyataannya sering dikutip media sebagai representasi sikap relawan Jokowi. Ia juga dikenal vokal dalam menghadapi kubu oposisi yang sering melancarkan informasi tidak benar.

Sebagai mahasiswa, dulu Budi Arie Setiadi terkenal sangat aktif. Ia dipercaya memimpin gerakan mahasiswa sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM ) FISIP UI 1994 dan juga Presidium Senat Mahasiswa UI (1994/1995). Ia aktif mendirikan dan membina Forum Studi Mahasiswa (FSM ) UI dan juga Kelompok Pembela Mahasiswa (KPM ) UI. Ia juga aktif di bidang pers kemahasiswaan dengan menjadi Redpel Majalah Suara Mahasiswa UI pada tahun 1993-1994. Ia juga menjadi Ketua ILUNI UI Jakarta (1998-2001) dan mendirikan Gerakan Sarjana Jakarta (GSJ) dan Masyarakat Profesional Indonesia (MPI). Semasa gerakan reformasi mahasiswa UI pada tahun 1998, bersama aktivis mahasiswa dan alumni UI juga membidani lahirnya Keluarga Besar ( KB ) UI.

Menyambut era reformasi, Budi Arie mendirikan surat kabar yang kritis, ” BERGERAK ” pada tahun 1998. Bersama mantan wartawan Tempo yang dibredel, ia ikut mengelola mingguan Media Indonesia pada tahun 1994-1996. Selanjunya bersama beberapa seniornya ia ikut menjadi bagian awal dari berdirinya Mingguan Ekonomi Kontan. Budi menjadi jurnalis Kontan dari tahun 1996 hingga 2001.

Dalam kancah politik, Budi Arie pernah menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta (2005-2010) dan juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta. Ia kemudian mendirikan PROJO, kelompok relawan darat terbesar pendukung Joko Widodo, sejak Agustus 2013.

Ia juga menjadi Dewan Penasihat Iluni UI.

Berikut adalah media sosial Budi Arie yang aktif:

Facebook: Budi Arie Setiadi

Twitter: budimuni98

Instagram: budiariesetiadi

Advertisements

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: